Selasa, 12 Januari 2010

Dari mana Ide Utama Novel ini Datang?

Dari mata turun ke hati.

YA ENGGAKLAH.

Ide awal dari novel ini adalah akibat ngobrol-ngobrol dengan beberapa orang kawan di Airea Branca, sebuah pantai favorit kami di Dili, kalau nggak salah Oktober 2007. Kami ngobrolin betapa manusia itu seringnya meromantiskan mimpi.

Kalau sudah punya mimpi menjadi sesuatu, misalnya jadi seleb, maka yang muncul dalam benak adalah segala hal yang indah dan romantis tentang menjadi seleb ini, terkenal, tajir dan seterusnya dan seterusnya. Padahal, kenyataannya nggak selalu gitu --- eh, gitu nggak sih? Nggak tau juga ding, saya nggak pernah jadi seleb. Saya mah selebor (er, lama-lama kok saya garing ya?)

Sampe mana tadi?

Oh iya, mimpi menjadi seleb, mungkin aja ketika mimpi jadi seleb ini tercapai, pada kenyataannya nggak seindah dan seromantis mimpi itu. Ya, liat aja infotainment lah, banyak kan ribut-ribut seleb sebel sama infotainment. Dan saya ngebayangin, para seleb itu dideketin berapa banyak orang 'dengan maksud tertentu' ya?

Pada awalnya seorang teman mengusulkan agar saya mengangkat kisah seleb dan JELAS saya tolak mentah-mentah, mana lah saya tau, urusan seleb. Kalau pada akhirnya pilihan profesi jatuh pada penulis, karena suatu hari, pada saat yang bersamaan, saya mendapat kabar yang berbeda, yang satu dari seorang penulis berbakat yang naskah pertamanya baru saja ditolak oleh penerbit dan naskah berikutnya bakal diterbitkan oleh penerbit lain, dia agak ngomel-ngomel dengan keribetan proses penerbitan dan belagunya penerbit. *oops, maab para penerbit!*. Sementara kabar yang satu saya dapatkan dari seseorang, yang bilang pengen banget jadi penulis.

EUREKA.

Oke, saya ambillah profesi penulis yang kebetulan emang rada dekat dengan saya. :P

Maka dimulailah proses penulisan itu. Dari pengumpulan data, pengalaman beberapa penulis yang sudah mengalami publikasi besar-besaran, survey tempat (Bo! Saya sumpah belum pernah ke Ubud, kasihan yah?) dan seterusnya.

Dan mulailah saya 'meracik' karakter tokoh utama. Dan tokoh-tokoh lainnya.

Maka jadilah, Heartblock! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails